Saturday 14 November 2015

ZAT-ZAT YANG TERKANDUNG DALAM ROKOK.






Bukan untuk nakutin  tapi kita sesama manusia harus saling mengasihi satu sama lain.
Just SHARE aja untuk Zat-zat yang berbahaya dibawah ini, mungkin memang udah bosen karna sudah sering baca/denger.

Tapi, coba kali ini, bacanya sambil di renungin, gunanya apa sih selama ini merokok?

15 ZAT BERBAHAYA YANG TERKADUNG DIDALAM ROKOK

1. Nikotin: Zat nikotin dalam rokok berasal dari tembakau. Nikotin dapat mengakibatkan kanker serta merusak struktur DNA.



2. Benzene: Petrokimia yang dipakai untuk men-dry clean pakaian. Kandungan benzene adalah karsinogen yang dapat mengakibatkan kanker darah.



3. Arsenik: logam yang bisa meracuni darah dengan mudah. Terlebih sudah banyak pekerja pabrik yang meninggal karena keracunan arsenik. Kemampuan sel untuk memperbarui diri dapat tergganggu karena akumulasi arsenik.



4. Tar: Sifatnya karsinogenik timbul ketika rokok dibakar. Tar bisa menyebabkan beraneka ragam penyakit seperti kanker, impotensi, penyakit jantung, penyakit darah, bronkitis kronik, enfisema serta gangguan kehamilan dan janin.



5. Formaldehida: Bahan kimia yang berfungsi untuk mengawetkan mayat.



6. Aseton: bahan kimia yang terdapat pada penghilang cat kuku. Berbahaya jika zat aseton masuk melewati saluran udara serta bersemayam di paru-paru.





7. Karbon Monoksida: Gas beracun yang bisa menempel pada sel darah merah serta mengganggu pengangkutan oksigen dalam darah sehingga menimbulkan kerusakan pada paru-paru serta berpotensi menyebabkan penyakit koroner.



8. Amonia: Aroma yang biasanya tercium pada pembersih toilet. Bahan kimia ini dapat mengakibatkan rasa pusing tatapi menyebabkan kebiasaan merokok menjadi sangat candu.



9. Kadmium: satu diantara logam-logam bahan untuk membuat baterai. Bagi orang yang merokok, zat kadmiun yang terhirup akan tersimpan di lapisan ginjal sehingga dapat mengakibatkan kerusakan ginjal.






10. Nitrogen Oksida: Pabrik dan mobil menghasilkan polutan udara berupa nitrogen oksida. Zat ini juga terkandung dalam asap rokok. Gas beracun ini bisa mengakibatkan radang paru-paru.



11. Kromium: Logam yang terbukti mengakibatkan kanker. Kromium menempel pada DNA serta merusaknya, sehingga membuat zat kromium lebih berbahaya untuk kesehatan.



12. Naftalena: Bahan kapur barus yang berfungsi untuk mengusir serangga ataupun tikus dari pakaian. Betapa berbahayanya menghisap bahan kapur barus dari mulut.



13. Hidrogen Sianida: Masyarakat umum telah mengetahui kalau sianida merupakan racun paling cepat di dunia. Jika dikombinasikan dengan hidrogen, zat kimia ini mampu membuat rusak silia di saluran bronkial serta paru-paru.



14. Timbal: Timbal juga merupakan karsinogen. Kenaikan kadar timbal pada darah bisa mengakibatkan keracunan, terlebih lagi bisa mengakibatkan kematian.



15. Kumarin: Zat adiktif organik pada bahan tambahan makanan yang sekarang sudah dilarang oleh standar dunia. Tetapi zat ini masih digunakan dalam pembuatan rokok.




No comments :

Post a Comment