Saturday 3 October 2015

7 Game console terbaik di era zamannya

Game Console (Konsol permainan) adalah sebuah mesin elektronik yang dirancang khusus untuk memainkan permainan video. Perangkat penampil grafiknya dapat berupa monitor komputer atau televisi, alat pengendalinya disebut joystick atau controller. Konsol permainan pertama kali dibuat Atari, kemudian dilanjutkan dengan Nintendo yang sempat merajai pasaran pada tahun 1985-1989. Konsol permainan modern saat ini antara lain adalah PlayStation buatan Sony dan Xbox buatan Microsoft. Konsol yang berdimensi kecil dan mudah dibawa ke mana-mana disebut konsol portabel, misalnya PlayStation Portable yang dirilis oleh Sony pada tahun 2005, dan Nintendo DS yang diproduksi oleh Nintendo.
Berikut adalah daftar Game Console terbaik, terpopuler, sekaligus terlaris :

1. Atari Jaguar






Atari Jaguar adalah konsol permainan generasi kelima yang dirilis oleh Atari pada tahun 1993. Konsol ini adalah konsol terakhir yang dipasarkan dengan merek Atari hingga perilisan Atari Flashback pada tahun 2004. Atari Jaguar dirancang untuk melebihi kemampuan pemrosesan Sega Mega Drive, Super Nintendo Entertainment System, dan Panasonic 3DO. Walaupun dirilis setahun lebih awal, konsol ini pada akhirnya bersaing dengan Sega Saturn, PlayStation, dan konsol generasi kelima lainnya. Konsol ini pertama kali dirilis di New York City dan San Francisco pada tanggal 23 November 1993 lalu ke seluruh Amerika Serikat pada awal tahun 1994.

Walaupun dipasarkan sebagai konsol permainan 64-bit pertama, Jaguar menjadi biang kegagalan bagi Atari sehingga membuatnya hengkang dari industri konsol permainan video rumahan. Meskipun gagal secara komersial, Jaguar masih mempunyai penggemar yang memproduksi permainan amatir hingga saat ini.


2. Nintendo Wii

                                                                               

Wii adalah konsol permainan video kelima Nintendo yang merupakan penerus Nintendo GameCube. Inovasi utamanya adalah kontroler (joystick) yang merespon terhadap letaknya dalam ruang fisik tiga dimensi yang terletak di depan televisi. Pada tahap awal pengembangan, konsol ini diberi nama Revolution. Semenjak peluncurannya, jumlah Wii yang terjual jauh melampaui angka penjualan Playstation 3 dan hampir mendekati angka penjualan Xbox 360 yang sudah diluncurkan setahun sebelumnya. Penjualan Wii mengalahkan penjualan Playstarion 3 dengan perbandingan 2:1 di Amerika Serikat, dan 4:1 di Jepang, serta 3:1 di seluruh dunia.


3. Playstation




PlayStation adalah konsol permainan grafis dari era 32-bit. Pertama kali diproduksi oleh Sony sekitar tahun 1990. PlayStation diluncurkan perdana di Jepang pada 3 Desember 1994, di Amerika Serikat 9 September 1995 dan Eropa 29 September 1995. PlayStation menjadi sangat terkenal sehingga membentuk "Generasi PlayStation". Dari sekian banyak game PlayStation, beberapa yang terkenal adalah: Suikoden, Tomb Raider, Final Fantasy, Resident Evil, Tekken, Winning Eleven, Ridge Racer, wipEout, Gran Turismo, Crash Bandicoot, Spyro, dan seri Metal Gear Solid. Pada 18 Mei 2004, Sony telah memproduksi 100 juta PlayStation dan PSOne ke seluruh dunia. Pada Maret 2004, sebanyak 7.300 judul permainan telah tersedia dengan jumlah akumulasi 949 juta.


4. Playstation 2
 



Adalah konsol video game kedua yang dikeluarkan oleh Sony setelah PlayStation. Pengembangannya pertama kali diumumkan pada bulan April 1999 dan dilempar ke pasar pertama kali pada tanggal 4 Maret 2000 di Jepang. Adapun di Amerika Serikat, konsol ini dipasarkan pertama kali pada tanggal 26 Oktober 2000. Pada tahun pertama peredaran PlayStation 2, konsol ini mengalami penjualan yang tidak mengejutkan dibanding konsol PlayStation, tetapi lama kelamaan konsol ini berhasil merajai pasar dengan catatan penjualan sebanyak 90 juta unit.


5. Xbox 360







Xbox 360 yang pada saat pengembangan dikenal dengan nama Xenon atau Xbox 2, adalah penerus konsol permainan video Xbox milik Microsoft. Xbox 360 menjadi konsol pertama yang diluncurkan berbarengan untuk tiga daerah besar. Ia juga merupakan produk pertama konsol permainan generasi terbaru dan akan bersaing dengan Sony PlayStation 3 dan Nintendo Wii. Xbox 360 adalah konsol pertama yang dapat memutar film HD-DVD dengan membeli paketnya terlebih dahulu, yang akan direlease kemudian. Xbox 360 juga adalah konsol pertama yang menggunakan stik wireless. Andalan Xbox 360 adalah grafis dan kemampuan onlinenya. Xbox Live adalah salah satu fitur online yang ditawarkan Microsoft selaku produsennya.Pada tahun 2010 Xbox 360 mempersembahkan fitur software terbaru bernama Kinect.


6. Playstation 3





Adalah konsol Sony generasi ketiga. PlayStation 3 merupakan penerus dari PlayStation dan PlayStation 2. Konsol ini bersaing dengan Xbox 360 dari Microsoft dan Wii dari Nintendo. Dalam beberapa jam, PlayStation 3 terjual habis pada hari peluncurannya. Beberapa hari kemudian, beberapa website bertopik permainan, mengumumkan bahwa penjualan sekarang untuk PlayStation 3 di Jepang dalah 88.400 unit. Sebelumnya, Sony menyatakan bahwa Jepang akan mendapat 100.000 unit. Beberapa laporan menyebutkan bahwa banyak pembeli PlayStation 3 pada hari pertama merupakan warga Tiongkok yang dibayar oleh pengusaha-pengusaha untuk antri membeli konsol yang kemudian dapat dijual dengan harga premium di situs lelang eBay.

7. Xbox One




Xbox One adalah konsol video game yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Microsoft . Mengumumkan pada tanggal 21 Mei 2013, itu adalah penerus Xbox 360 dan konsol ketiga dalam keluarga Xbox . Ini secara langsung bersaing dengan Sony PlayStation 4and Nintendo Wii U sebagai bagian dari generasi kedelapan konsol permainan video . Xbox One dirilis di Amerika Utara , beberapa pasar Eropa , Australia , dan Selandia Baru pada 22 November 2013, dan dijadwalkan untuk rilis pada 26 pasar lain , termasuk Jepang , pasar Eropa yang tersisa , dan Timur Tengah , kadang-kadang pada September 2014 . Ini juga akan menjadi konsol game Xbox pertama yang akan dirilis di China , khususnya di Shanghai Zona perdagangan bebas . Microsoft dan berbagai publikasi telah diklasifikasikan perangkat sebagai " all- in-one sistem hiburan " , membuatnya menjadi pesaing untuk pemutar media digital lainnya seperti Apple TV dan Google TVplatforms .
Menjauh dari arsitektur berbasis PowerPC Xbox 360 dan kembali ke dalam arsitektur x86 yang digunakan dalam pertama Xbox , konsol memiliki prosesor AMD dibangun di sekitar set instruksi x86-64 . Xbox One menempatkan peningkatan penekanan pada integrasi hiburan , menawarkan kemampuan untuk overlay program televisi langsung dari yang ada set- top box , layar terpisah multitasking aplikasi , dan meningkatkan dukungan layar kedua . Konsol termasuk baru upgrade Kinect gerak penginderaan perifer , sebelumnya lampiran opsional untuk Xbox 360. Microsoft menekankan integrasi Kinect dengan Xbox One melalui fitur seperti built -in Skype forvideoconferencing klien , pengakuan pengguna dan pelacakan , dan kemampuan untuk menggunakan perintah suara dan gerakan untuk menavigasi antarmuka pengguna konsol . Fungsi game baru termasuk memperluas layanan Xbox Live , meningkatkan fungsi Kinect , komputasi awan , kemampuan untuk secara otomatis merekam dan berbagi video highlights dari gameplay , dan dukungan untuk live streaming game online .
Setelah pembukaan nya , Xbox One dikritik karena kebijakan manajemen hak digital awal ( termasuk persyaratan untuk koneksi periodik ke internet , dan pembatasan ambigu pada penjualan kembali dan berbagi permainan sebelumnya - dibeli ) , bersama dengan Kinect persyaratan penggunaan dan harga yang lebih tinggi dibandingkan pesaingnya . Menanggapi kritik tersebut , Microsoft menjatuhkan pembatasan ini sebelum melepaskan konsol


No comments :

Post a Comment