Saturday 3 October 2015

7 Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan

1. Minum Kopi meningkatkan Semangat Kerja dan Membuatmu Lebih Cerdas

Manfaat minum kopi mampu meningkatkan semangat kerja orang orang yang sering mengalami kecapean. Tentu saja, harus diikuti dengan konsumsi nutrisi tubuh seperti protein, karbohidrat dan lemak yang cukup dan vitamin. Dengan adanya kafein (caffeine) yang terkandung dalam kopi yang merupakan senyawa psikoaktif yang bersifat stimulan mampu memberikan “boost” bagi daya kerja dan semangat kerja anda.

Selain meningkatkan semangat kerja, minum kopi di pagi hari setelah sarapan pagi juga mampu meningkatkan kinerja otak dengan kata lain membuat anda “lebih cerdas”. Saat anda minum kopi di pagi hari, kafein dalam kopi akan masuk kedalam pembuluh darah kemudian mengalir kedalam otak. Kafein yang masuk kedalam otak, akan menghalangi kerja adenosin. Adenosin adalah senyawa neurotransmitter inhibitor. Saat hal tersebut terjadi, produksi neutrotransmitter lainnya seperti dopamin dan norepinephrin meningkat. Peningkatan kedua neutrotransmitter ini mampu meningkatkan kinerja sel sel saraf (neuron) dalam otak.

Telah banyak percobaan yang menunjukkan manfaat minum kopi terhadap peningkatan fungsi dan kinerja otak. Peningkatan mulai dari segi ingatan (memori), mood, agresivitas, semangat kerja, kecepatan reaksi atau impusl, dan kemampuan kognitif lainnya.




2. Manfaat Minum Kopi dalam Mempercepat Metabolisme dan Pembakaran Lemak

Manfaat minum kopi di pagi hari sangat bermanfaat dalam meningkatkan kecepatan metabolisme khususnya katabolisme dan peningkatan terhadap pembakaran lemak (dalam kondisi umum). Kemampuan dan manfaat minum kopi ini tidak lain dikarenakan adanya beberapa kandungan senyawa bioaktif yang ada dalam kopi seperti:

Kafein : Stimulan terhadap kinerja saraf dan sistem saraf pusat

Theobromin dan Theophylin : Zat yang hampir sama dengan kafein serta memberikan efek stimulan

Asam Chlorogenik – Senyawa bioaktif yang ada dalam kopi yang memberikan pertolongan dalam penyerapan karbohidrat.

Kopi menurut penelitian mampu meningkatkan metabolisme sekitar 3-11 %





3. Manfaat Minum Kopi dalam Mengalokasikan Jaringan Lemak

Manfaat kopi ini sekali lagi berhubungan dengan kemampuan kafein. Kafein dalam kopi menstimulasi sistem saraf untuk mengirim sinyal ke sel sel lemak untuk menghancurkan lemak. Kafein juga meningkatkan kadar hormon adrenalin yang berguna dalam menghancurkan lemak dan melepaskannya ke dalam aliran darah sehingga mampu dikirim ke aliran darah. Dengan cara tersebut kopi mampu mengalirkan lemak ke wilayah lain sehingga tidak terlalu menumpuk di satu daerah pada tubuh. Penelitian lain menunjukkan bahwa kafein mampu menunjukkan pengaruh peningkatan terhadap pembakaran lemak sekitar 10 % pada penderita obesitas dan 29 % pada manusia normal



4.Manfaat Minum Kopi Dalam Meningkatkan Kemampuan Fisik Seseorang

Kemampuan fisik seseorang dapat meningkat dengan meminum kopi. Hal ini telah terbukti bahwa meningkatkan kemampuan fisik seseorang sebesar 10-12 %. (NCBI). Efek ini sebenarnya berhubungan dengan kerja kafein dalam darah yang meningkatkan metabolisme tubuh serta pembakaran lemak. Seperti yang kita tahu bahwa lemak memiliki kandungan energi tertinggi. Sehingga anda yang memang butuh diet secara cepat, minum kafein sebelum ngeGym, mampu memberikan anda penurunan berat yang drastis.




5. Memberikan Nutrisi Bagi Tubuh

Jangan menganggap kopi hanya air berwarna hitam saja. Selain kafein, kopi juga mengandung nutrisi yang berguna untuk tubuh anda. Berdasarkan data dari nutritiondata.self.com, bahwa dalam segelas kopi mengandung:

Riboflavin (Vitamin B2) : 11% dari AKG.
Asam Pantothenic (Vitamin B5) : 6% dari AKG.
Mangan dan Potasium : 3% dari AKG.
Magnesium dan Niasin (B3) : 2% dari AKG.

Walaupun jumlah nutrisi yang ada tidak terlalu banyak, akan tapi lebih bagus dari pada tidak sama sekali. Note: AKG adalah angka kecukupan Gizi, sehingga bila ditulis 5 %, maka tinggal mencari 95 % lagi agar mencukupi AKG anda untuk hari ini.





6. Minum Kopi Mampu Mengurangi Risiko Diabetes Tipe II

Minum kopi terbukti mampu mengurangi risiko terkena penyakit diabetes, khususnya diabetes tipe II yang sekarang ini sangat berbahaya. Diabetes tipe II adalah situasi yang terjadi bila tubuh anda mampu memproduksi insulin akan tetapi tubuh tidak mampu merespon dengan baik atau resistensi terhadap insulin. Senin (20/2/2012), ABC News, , dilaporkan bahwa penderita diabetes 2 di negara maju berkembang hingga mencapai 85-90 % dari seluruh tipe pengidap diabetes.

Berdasarkan hasil penelitian yaitu 18 hasil studi yang menggunakan 457.922 individu. Penelitian tersebut menunjukkan manfaat kopi dalam menurunkan risiko terkena diabetes II (yang memang terjadi umumnya terjadi diatas 35 tahun untuk individu normal) sebesar 7 persen




7. Minum Kopi Teratur Mampu Mengurangi Risiko Alzheimer dan Demensia

Alzheimer dan demensia merupakan penyakit saraf yang paling tidak ingin anda alami. Penyakit ini membuat momen momen yang pernah anda alami betul betul menghilang dari kepala anda. Tanpa bekas. Oleh karena itu, anda yang berumur 65 tahun atau 65 tahun keatas harus bersiap siap untuk mengalami penyakit ini.

Pencegahan dari Alzheimer dan demensia tentunya dengan hidup sehat, makan makanan bergizi khususnya untuk kerja sel dan sel saraf. Penelitian menunjukkan bahwa dengan tambahan kopi mampu mengurangi risiko terkena Alzheimer sebesar 65 %



No comments :

Post a Comment