Monday 5 October 2015

7 Kisah Sukses Dari Wordpress

Membangun situs Wordpress yang populer bukanlah hal yang mustahil. Meskipun banyak orang yang meragukan kehebatan Wordpress namun menurut saya software keren bikinan Matt Mullenweg itu merupakan yang terbaik di bawah kolong langit sebagai Content Management System terbaik. Bahkan beberapa situs paling terkenal di dunia dibangun dengan Wordpress.

Nah, pada postingan kali ini saya akan membahas kisah-kisah orang yang sukses besar setelah membangun website menggunakan Wordpress. Mereka berhasil membangun bisnis yang mengesankan dan menjadi panutan banyak orang di dunia.


1.Julian Hearn - Promotional Codes


Promotional Codes adalah sebuah website kode voucher yang dibangun dengan platform Wordpress pada tahun 2008. Saat itu, Julian Hearn memutuskan untuk berhenti bekerja dan mencoba untuk membuat proyek sendiri. DIa berjanji pada dirinya sendiri, kalau proyek itu gagal dalam 6 bulan, maka ia akan kembali ke pekerjaan lamanya sebagai marketer online.

Untungnya ia tidak pernah berhasil kembali ke pekerjaan lamanya. Sebab pada tahun 2011, ia menjual situs tersebut ke Internet Brands dengan biaya yang tidak dipublikasikan. Namun dalam wawancara dengan Mixergy baru-baru ini, ia menjual situs tersebut seharga jutaan dolar. Padahal saat ia membuatnya, modal yang ia gunakan hanya $2.000.




2.Timothy Sykes - TimothySykes.com


Timothy Sykes - biasa lebih dikenal sebagai Tim Sykes - telah menjadi entrepreneur sejak usia belia. Kisah sukses wirausahanya dimulai saat ia berusia 13 tahun ia mendapat uang $ 12.000 dari Bar Mitzvah, yang ia investasikan. Beberapa tahun setelahnya uang yang ia investasikan tersebut telah bernilai lebih dari $1.6 juta. Kemudian ia memulai membuat situs TimothySykes.com yang dibangun pada platform Wordpress untuk berbagi pengetahuan dan bagaimana caranya mendapat keuntungan dari pasar saham.

Di situs pribadinya tersebut, ia menjual berbagai macam barang, mulai dari DVD, keanggotaan premium, hingga produk-produk yang dapat membantu orang untuk memdapatkan uang dari pasar modal. Pada tahun 2011, situs ini telah menghasilkan $3,5 juta baginya.


3.Ramit Sethi - I Will Teach You To Be Rich


I Will Teach You To Be Rich biasa disingkat IWTYBR didirikan pada tahun 2005 untuk mendidik anak muda, utamanya lulusan perguruan tinggi pada personal finance dan kekayaan. Nasihat dan pemikirannya benar-benar tidak biasa dan hampir-hampir tidak ada yang berpikiran seperti itu di dunia internet. Berbeda dengan banyak motivasi blog, ia lebih berfokus pada 'Big Wins". Bagaimana mencari sumber penghasilan baru dan mendapatkan banyak uang tanpa harus berhemat dengan tidak minum kopi kesukaan anda. Perusahaan ini akhirnya mendapat suntikan modal dari perusahaan start up.




4.JOHNS WU, BANKAHOLIC
Johns Wu, pemuda berusia 23 tahun menjual blog Wordpress-nya pada tahun 2008 sebesar $15 juta! Hanya dua tahun setelah memulai blog tersebut ia telah sukses menjadikan blognya menjadi ladang uang. Cara uniknya adalah ia menggunakan taktik SEO yang tidak biasa untuk mendatangkan trafik ke situsnya dan mendapatkan 8.000 kunjungan per hari.

Bagi sebagain blogger yang berfokus pada SEO hal itu tentu bukan merupakan angkan yang begitu besar. Bahkan bila dibandingkan dengan situs Indonesia yang biasa saya baca juga tidak ada apa-apanya. Tapi dalam niche Wu yang spesifik - Personal Finance - angka tersebut cukup besar. Hal yang lebih penting adalah bagaiamana cara anda menghasilkan uang dari blog anda, bukan dari seberapa banyak trafik yang anda hasilkan. Trafik raksasa namun pendapatan kecil tentu menghabiskan waktu kan?




5.Brian Clark - Copyblogger

Dalam sebuah wawancara baru-baru, Brian Clark dari Copyblogger menyatakan bahwa perusahaannya membukukan pendapatan sebesar $ 5 juta pada tahun 2011. Pendapatan utamanya berasal dari aktifitas blogging dan produk yang ia ciptakan untuk blogger lain.

Dia memulai CopyBlogger dengan posting konten menarik yang membahas seputar copywriting untuk penjualan dan juga umumnya hanya menulis untuk web sendiri, dan perlahan-lahan blog tersebut memiliki 170.00 subscriber dan angka tersebut terus meningkat. Dengan kunjungan yang semakin meningkat tiap bulannya, ia pun menggunakan blog tersebut untuk menghasilkan uang jutaan dolar. Kapan yah OlPreneur.com bisa sesukses CopyBlogger?




6.ALBORZ FALLAH, CARADVICE
Karir dunia bloggering Alborz Fallah dimulai saat dia menjadi murid salah satu pengusaha internet tersukses, Yaro Starak. Ketika ia mulai blogging, ia tidak tahu niche mana yang harus ia pilih. Ia juga tidak tahu harus mulai dari mana. Untuk itu, dia membuat 3 blog sekaligus dan melihat perkembangan blog mana yang paling baik. Dan CarAdvice akhirnya menunjukkan diri sebagai calon blog sukses sedari dini.



Seiring dengan perkembangan CarAdvice yang kian pesat, ia menghentikan dua blog lainnya dan memfokuskan diri pada usaha tersebut. Dia pun menjadi blogger full-time. Awalnya ia tidak mendapatkan penghasilan yang cukup untuk hidup dari internet. As time goes by, dari yang awalnya blogger dengan pendapatan $10 per hari, ia berubah menjadi blogger sukses dengan pendapatan mencapai $30.000 per bulan. Berdasarkan wawancaranya baru-baru ini, yang saya baca di situs Yaro Starak - Entrepreneurs Journey - ia mengungkapkan bahwa saat ini situsnya bernilai $ 5 juta.




7.ADII PIENAAR - WOOTHEMES
Adii Pienaar - seorang online entrepreneur kelahiran Afrika Selatan, memulai WooThemes pada tahun 2008, dengan dua co-founder. Saat memulai WooThemes, ia sedang menyelesaikan tahun terakhirnya di sekolah bisnis. WooThemes adalah salah satu penyedia template premium terpopuler di dunia.

Dalam wawancara dengan Mixergy yang benar-benar informatif dan menghibur, ia berbicara tentang bagaimana ia selalu berada di dekat komputer ketika ia masih muda, berkat toko komputer ayahnya. Dan bagaimana dengan alam bakat hackingnya muncul dan rasa penasarannya mendorong Adii untuk belajar cara membuat website dan mengeditnya. Ia menciptakan theme Wordpress pertamanya pada tahun 2007


No comments :

Post a Comment