Saturday 3 October 2015

7 manfaat dari tidur siang hari





Tidur siang bisa jadi merupakan kebiasaan yang tak pernah kamu lewatkan ketika masih kecil. Bahkan ketika kamu masih ingin terjaga dan bermain, orang tuamu sering mengingatkan untuk beristirahat dan memejamkan mata sejenak.

Namun seiring dengan bertambahnya usia, tidur siang sudah tidak lagi menjadi agenda wajib. Alasannya bermacam-macam, ada yang memang malas dan lebih memilih berkegiatan atau bahkan terlalu sibuk hingga tidak punya waktu cukup untuk beristirahat.

Jika dicermati, tidur siang ternyata memiliki banyak manfaat positif bagi tubuh. Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian manfaat tidur siang yang dilakukan berbagai ahli di seluruh dunia. Ingin tahu seperti apa manfaatnya secara lengkap? Berikut daftar 10 alasan mengapa kamu tak boleh melewatkan tidur siang.

1. Relaksasi

Tekanan yang berlebihan saat sedang bekerja atau belajar akan memberikan pengaruh yang buruk terhadap tubuh. Stress akan membuat kita lebih rentan terkena infeksi virus dan penyakit dari luar.

Tidur siang bisa membantu kamu menjadi lebih rileks dan tenang. Terlebih jika kamu sedang marah atau kesal terhadap seseorang, tidur siang akan mengurangi tingkat emosi di dalam dirimu. Tak hanya itu, ketika bangun nanti kamu akan merasa tubuh dan pikiranmu menjadi lebih segar.

2. Ingatan

Sudah mulai pikun atau sulit mengingat hal-hal sepele seperti nomor telepon atau nama seseorang? Mungkin kamu harus mempertimbangkan untuk sedikit meluangkan waktu untuk tidur siang melalui sekarang.

Sebuah studi yang belum lama ini dilakukan mengklaim bahwa tidur siang memiliki pengaruh yang cukup signifikan terdapat daya ingat. Penelitian dilakukan dengan membandingkan kondisi mereka yang tidur siang dan tidak. Hasilnya, mereka yang tidur siang rupanya memiliki daya kognitif dan cakupan memori yang lebih bagus dibanding mereka yang tidak.

3. Tekanan darah

Mendapatkan tubuh yang sehat tidak hanya cukup dengan olahraga, namun juga istirahat teratur. Tidur siang merupakan salah satu cara yang tepat untuk itu. Terlelap untuk sesaat di siang hari diklaim bisa menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

Namun demikian, para peneliti masih belum bisa memberikan penjelasan secara tegas dan pasti, mengapa hal tersebut bisa terjadi. Kemungkinan ketika kita tidur, tubuh tak lagi bekerja secara penuh dan hal tersebut membuat organ-organ menjadi lebih segar ketika kita bangun.

4. Meningkatkan mood

Serotonin merupakan zat yang bertanggung jawab mengendalikan mood, keinginan tidur, dan nafsu makan. Kamu akan merasa puas dan tenang jika sudah melakukan semua kegiatan tersebut.

Namun ketika tubuh kita sedang berada dalam kondisi stress, serotonin dalam level tinggi akan lebih sering digunakan, sementara produksinya justru menurun. Sebagai akibatnya, kita menjadi lebih banyak curiga, depresi, dan amat mudah teralihkan. Tidur siang akan membuat otak dibanjiri serotonin, menghapus semua efek buruk dan membuat kita merasa lebih positif.

5. Pengganti jam tidur

Penelitian menunjukkan bahwa kamu tidak akan pernah bisa membayar ‘utang’ jam tidur. Namun tetap saja, tidur siang amat bagus bagi mereka yang kurang mendapat waktu tidur di malam sebelumnya, entah karena kegiatan tambahan atau alasan lain.

Tidur siang akan membuat tubuh berhenti bekerja secara penuh untuk sementara waktu. Selain itu, waktu tidur yang cukup juga akan memastikan kamu terus berada dalam kondisi sehat.

6. Konsentrasi

Mereka yang bekerja sebagai pegawai kantoran umumnya mengalami penurunan konsentrasi setelah tengah hari, terutama usai jam makan siang. Konsumsi makanan yang mengandung cukup banyak lemak akan membuat kamu merasa cepat lelah dan mengantuk. Jika dibiarkan, hal ini justru merugikan karena akan mengurangi produktivitas kerja.

Solusi terbaik adalah tidur sejenak, antara 10 hingga 15 menit. Setelah bangun kamu akan merasa lebih segar dan bisa memberikan kontribusi secara maksimal.

7. Hemat

Tak sedikit orang yang menghabiskan banyak uang untuk membeli kopi, minuman berenergi, atau suplemen bermerek lainnya, dengan harapan bisa membuat tubuh menjadi lebih segar dan bekerja secara maksimal.

Namun selain tidak bagus untuk tubuh, solusi semacam ini juga tidak ramah di kantong. Untuk hasil yang lebih baik dan maksimal, tidur siang lebih disarankan. Hanya dengan memejamkan mata selama 15 hingga 30 menit, kamu akan merasa lebih segar dan siap beraktivitas lagi.

No comments :

Post a Comment